Senin, 04 Juni 2012

Cara Mengatasi Insomnia


Cara mengatasi insomnia. Insomnia bukanlah penyakit, melainkan gejala yang timbul akibat dari beberapa faktor seperti fisik, psikis, dan kebiasaan. Ada beberapa indikasi gejala insomnia seperti mata sulit terpejam, terbangun beberapa kali, bahkan bangun terlalu cepat.
Kekurangan tidur akibat insomnia berdampak pada banyak hal, mulai dari gangguan konsentrasi hingga meningkatkan risiko serangan jantung. Lantas apa yang Anda lakukan ketika mengalami insomnia? Mungkin Anda akan berusaha membuat diri mengantuk dengan menonton acara yang norak di televisi, membaca buku yang membosankan, hingga minum obat tidur. Tetapi ada cara lain untuk mengatasi sulit tidur ini, kompres kepala Anda dengan air dingin.


Para dokter dari University of Pittsburgh School of Medicine melakukan suatu eksperimen untuk mengatasi pasien yang menderita insomnia. Sebanyak 12 pengidap insomnia primer (yang mengalami kesulitan tidur akibat stres) dan 12 pasien dengan kesehatan yang terkontrol, diberi tudung plastik yang berisi air dingin di kulit kepala dan dahi. Sebab, pengidap insomnia diketahui memiliki aktivitas otak yang lebih tinggi daripada mereka yang tak punya gangguan tidur. Nah, tudung ini rupanya menurunkan suhu prefrontal cortex, bagian otak yang mendorong untuk tidur lelap. Akibatnya, aktivitas otak melambat, dan mendorongnya untuk beristirahat.
Setelah mengenakan tudung khusus tersebut, para pengidap insomnia ini tertidur dengan cepat. Mereka hanya butuh 13 menit untuk tertidur, yang artinya bahkan lebih cepat daripada pasien yang sehat (yang membutuhkan rata-rata 16 menit untuk terlelap). Kedua kelompok responden ini juga menghabiskan 89 persen dari waktu mereka di tempat tidur untuk tertidur lelap.
Meskipun demikian, ide memakai headcap berisi air dingin ini mungkin tidak semudah kedengarannya. Misalnya, seberapa dingin suhunya? Selain itu, kebanyakan dari kita tentu merasa tidak nyaman saat menempelkan sesuatu yang dingin pada kepala, apalagi di tempat tidur.
Dalam penelitian dua tahun sebelumnya, para spesialis masalah tidur di Inggris pernah menyarankan cara yang lebih simpel untuk mendinginkan tubuh. Menurut profesor Jim Horne dari Loughborough University, Anda bisa meletakkan kipas angin di samping tempat tidur untuk menghembuskan udara dingin ke arah muka. Begitu darah yang dingin dari pipi mengalir ke jantung, darah akan mengalir sepanjang arteri sambil membawa darah yang lebih hangat ke arah lain dari otak.
“Darah yang lebih dingin memasuki otak, dan menyebabkan tidur yang lebih nyenyak. Anda hanya butuh sedikit hembusan angin ke arah wajah,” paparnya.
Tips Tambahan Untuk Mengatasi Susah Tidur
Hindari Tidur Siang
Cara pertama untuk mengatasi insomnia adalah, jangan tidur siang terlalu lama. Penelitian di tahun 2008 menunjukkan bahwa tidur siang 45 menit bisa meningkatkan fungsi memori, menurunkan tekanan darah dan meredakan stres. Namun, untuk orang-orang yang menderita gangguan tidur seperti insomnia, tidur siang justru akan membuat Anda sulit tidur di malam hari.
Matikan Lampu Kamar
Retina memiliki banyak sel yang peka terhadap cahaya, yaitu sel-sel yang merasakan cahaya dan mengirimkan sinyal ke otak untuk memberi petunjuk apakah hari masih siang atau sudah malam. Lampu yang ada di dalam kamar akan memancarkan sinar yang dengan cepat diserap oleh sel-sel peka cahaya di retina. Sel-sel ini akan mengirim sinyal ke otak dan menyampaikan pesan bahwa hari masih terang atau siang.
Tempatkan Bantal Di Antara Kaki Anda
Tak jarang saat bangun tidur, punggung mengalami sakit. Sekalipun bukan gejala yang parah, namun hal ini dapat mengganggu kenyamanan Anda saat tidur. Untuk tidur lebih berkualitas, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Bila perlu, tambahkan gulungan handuk di bawah pinggang. Cara ini akan membantu meredakan ketegangan pada sendi tulang belakang dan mempertahankan kontur normal tulang Anda.
Gunakan Bantal Yang Tepat
Gunakan bantal yang memiliki tekstur yang baik dan sesuai dengan lekuk tubuh atau kepala Anda. Menggunakan jenis bantal yang tepat akan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan terbebas dari sakit leher ataupun pegal-pegal saat bangun tidur.
Rajin Berolahraga
Bagi Anda yang mengalami susah tidur di malam hari, olahraga secara teratur bisa menjadi solusi alami bagi Anda. Penelitian menyebutkan bahwa melakukan latihan atau aktivitas fisik secara teratur ternyata dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak di malam hari dan tetap bugar di siang hari. Hal ini dapat terjadi karena, ketika Anda membakar lebih banyak kalori saat latihan, pada malam hari tubuh Anda akan memberikan isyarat untuk beristirahat, berupa kantuk. Yoga dan Tai Chi adalah olahraga yang dianjurkan jika Anda mengalami susah tidur.
Jangan Merokok
Nikotin yang terkandung dalam rokok bisa menjadi faktor risiko untuk gangguan tidur berbahaya yang dikenal sebagai obstructive sleep apnea atau penyumbatan aliran pernapasan. Menurut Mayo Clinic, perokok tiga kali lebih mungkin menderita OSA dibandingkan orang yang tidak pernah merokok. Mendengkur sangat keras dan bangun terengah-engah adalah dua gejala umum OSA, yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan hipertensi, gagal jantung dan kematian dini.

http://caricara.info/cara-mengatasi-insomnia.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar